Cara mem-protect Sheet pada Microsoft Excel 2007
Banyak alasan kenapa kita ingin mem-password suatu file dokumen Excel. Salah satu alasan dan manfaat utamanya adalah untuk keamanan dan kerahasiaan data. Supaya isinya tidak dibuka atau dilihat sembarang orang.
Memberikan password file dokumen Excel ini sebetulnya mudah. Cuma karena memang tidak ada tombol atau shortcut nya di menu jadi tidak banyak juga orang yang tahu caranya.
Berikut penulis coba share panduan sederhana cara memberikan password file dokumen Excel. Adapun panduan ini penulis buat menggunakan Microsoft Office 2007. Untuk Microsoft Office versi-versi lainnya mungkin dari tampilan menu-nya sedikit berbeda, tapi secara prinsip hampir sama.
1. SAVE AS NEW DOCUMENT
2. PILIH TOOLS -> GENERAL OPTIONS
Memberikan password file dokumen Excel ini sebetulnya mudah. Cuma karena memang tidak ada tombol atau shortcut nya di menu jadi tidak banyak juga orang yang tahu caranya.
Berikut penulis coba share panduan sederhana cara memberikan password file dokumen Excel. Adapun panduan ini penulis buat menggunakan Microsoft Office 2007. Untuk Microsoft Office versi-versi lainnya mungkin dari tampilan menu-nya sedikit berbeda, tapi secara prinsip hampir sama.
1. SAVE AS NEW DOCUMENT
- Simpan dokumen excel ke file yang baru.
- Dari menu kita pilih lingkaran gambar Microsoft Office -> Save As -> Excel Workbook.
2. PILIH TOOLS -> GENERAL OPTIONS
- Pada layar Save As kita pilih folder dan tentukan nama file nya.
- Di sebelah kiri tombol Save kita pilih Tools -> General Options...
3. INPUT PASSWORD TO OPEN
4. ULANGI PASSWORD
- Akan tampil layar Confirm Password. Untuk menghindari kesalahan kita diminta untuk meng-input ulang password (harus sama).
- Terakhir pilih tombol OK.




Tidak ada komentar:
Posting Komentar